Kadis LH Rohil Suwandi S.Sos : Tiga Bulan Bersihkan Sampah Wujudkan Rohil Bersih Dari Sampah

Doposting Oleh : Admin Web Rokan Hilir | Tanggal Posting :02 Juni 2018 | Dudah Dilihat : 239 Kali Dilihat

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rokan Hilir melakukan pembersihan sampah dilingkungan kantor setiap hari kamis. Kegiatan yang berkaitan dengan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) ini akan dilakukan selama 3 bulan yang dimulai pada 22 Pebruari 2018 dan berakhir pada 22 April 2018.

"Kegiatan membersihkan sampah ini dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), dan sesuai dengan intruksi dari Kementerian Lingkungan Hidup Indonesia bahwa setiap Kabupaten/Kota di Indonesia harus melakukan gerakan "Tiga Bulan Bersih Sampah" dengan Tema "Sayangi Bumi, Bersihkan Dari Sampah", kata Kepala Dinas LH Rohil, Suwandi S.Sos, saat dikonfirmasi di kantornya usai melakukan bersih-bersih, Kamis (1/3/2018).

Lanjutnya, untuk Rohil kita sudah menyampaikan surat edaran Bupati Rohil yang ditujukan kepada semua pemangku kepentingan seperti semua kantor OPD, Instansi Vertikal, Kecamatan, Kelurahan, sekolah, LSM, Ormas, OKP, tokoh agama maupun tokoh masyarakat agar dapat melakukan gotong royong membersihkan sampah dilingkungan kantor maupun sekolah setiap hari kamis," jelasnya.

Gerakan peduli sampah selama tiga bulan ini dikatakan Suwandi, selain merupakan salah satu langkah mewujudkan pengurangan sampah sampai 30 persen dan penanganan sampah sampai 70 prsen pada 2025 sesuai Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah juga diharapkan dapat mewujudkan masyarakat yang peduli lingkungan.

"Kegiatan yang dimulai pada Tanggal 22 Pebruari lalu akan berakhir pada 22 April 2018. Hasil dari kegiatan ini akan diumumkan di Jakarta yang dihadiri oleh Presiden RI dan diberikan penghargaan sekaligus hukuman kepada Kabupaten/Kota yang tidak menjaga kebersihan lingkungan," ungkap Suwandi.

Diharapkannya, dengan gerakan Tiga Bulan Bersih Sampah(TBBS) ini dapat menjadi kebiasaan yang berkelanjutan dan menjadi awal dari kepedulian masyarakat dalam menjaga kelestarian bumi dari sampah.

"Dengan gerakan TBBS ini diharapkan dapat memupuk kebiasaan kita atau masyarakat untuk lebih memperhatikan kebersihan lingkungan, tidak membuang sampah sembarangan serta dapat mengelola sampah produktif menjadi sesuatu yang bermanfaat. Semoga Rohil bersih dari sampah dapat terwujud," harapnya.

Komentar