Logo
Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir Negeri Seribu Kubah

Bupati Akan Terbitkan Perbub Untuk Tingkatkan Zakat

girl
181 Kali Dilihat
Bupati Akan Terbitkan Perbub Untuk Tingkatkan Zakat

ROKAN HILIR - Terhitung semenjak Januari hingga Mei 2021 pihak Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Rohil telah berhasil mengumpulkan dana zakat sekitar hampir Rp5 milyar dengan rincian Rp4 milyar dana zakat yang telah dikumpulkan pihak Baznas dan Rp.930 juta dana zakat yang di serahkan pihak Kepolisian Resort (Polres) Rokan Hilir. Namun, dari dana tersebut pihak Baznas telah menyalurkan dana sebesar Rp3,9 Milyar untuk membantu sebanyak 1.000 orang yang berhak menerima.

Seperti yang di sampaikan Ketua Baznas Rohil, H Baharudin dari jumlah tersebut diantaranya pihaknya telah menyerahkan dana bantuan berobat kepada sebanyak 295 orang dan biaya nafkah rutin kepada sebanyak 41 orang dengan rincian 1 bulan Rp13 juta. Tak hanya itu, pihak Baznas juga melaksanakan program sembako ramadhan di 18 Kecamatan dengan total paket sebanyak 3.700. Hari Rabu (30/6/2021) ini pula kembali pihak Baznas menyalurkan bantuan untuk 500 orang sebagai modal usaha dan biaya berobat.

Secara simbolis bantuan itu di serahkan langsung oleh Bupati Rohil, Afrizal Sintong di Kantor Baznas di Jalan Pahlawan, Kelurahan Bagan Kota, Kecamatan Bangko. Kepada para penerima bantuan, bupati berpesan agar dapat memanfaatkan bantuan ini sebaik-baiknya sehingga usaha yang di jalankan bisa berkembang dan mengalami peningkatan. Sehingga kedepan bisa lebih mandiri dan tidak lagi bergantung dan mengharapkan bantuan dari pemerintah.

"Semoga yang mendapatkan bantuan ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan bisa lebih meningkatkan ekonomi kedepanya," harap bupati. Terlepas dari hal itu, bupati mengatakan bahwa di Rohil masih banyak masyarakat yang ekonominya masih belum mapan. Hal ini menunjukan bahwa sanya masih banyak masyarakat yang saat ini membutuhkan perhatian dan bantuan dari pemerintah yang salah satunya melalui Baznas.

Salah satu solusi agar banyak masyarakat yang bisa menerima bantuan ini bupati menegaskan kalau dirinya melalui pemerintah berencana akan membuat Perbub pengumpulan zakat terhadap seluruh perusahaan. Dengan adanya Perbub itu nantinya pihak Baznas bisa mengumpulkan zakat dari perusahaan-perusahaan yang ada di Rohil. 

"Sebenarnya ada banyak perusahaan yang mau membayar zakat, dengan adanya Perbub itu nantinya zakat dari perusahaan itu bisa di akomodir dengan baik sehingga dana yang di kumpulkan bisa lebih besar dan banyak pula masyarakat yang membutuhkan yang mendapatkan bantuan," kata bupati.