Pertanian
Perkebunan
Perikanan
Peternakan
Kehutanan
Pariwisata
Industri & Perdagangan
Pertambangan & Energi
Perbankan & Koperasi
 
Air Bersih
Tenaga Listrik
Transportasi & Komunikasi
Pengairan
Sarana Perhubungan
 
Agama
Pendidikan
Kesehatan
Peradilan dan Kriminalitas
Sosial Lainya
Transmigrasi
Ketenagakerjaan
Perumahan
 
BAGAN SIAPIAPI
Hujan Ringan
Cuaca : Hujan Ringan
Suhu : 23 - 34 °C
Kelembapan : 47 - 98 %
Kecepatan Angin : 16 (km/jam)
Arah Angin : Utara
Gubri Resmikan SPAM DUROLIS di Tanah Putih Tanjung Melawan
Selasa, 22 Agustus 2017 | Dituliskan di kategori: Berita | Dibaca 179 kali
Ditulis Oleh : sarwan
Tanah Putih Tanjung Melawan – Gubernur Riau, Ir. H. Arsyadjuliandi Rachman, MBA melakukan pemancangan tiang pertama (groundbreaking) tanda dimulainya pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Dumai-Rohil-Bengkalis (Durolis) di Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, Senin (21/08/2017).
Sebelum dilakukan pemancangan tiang pancang itu, terlebih dahulu dilakukan ritual pemotongan seekor kambing jantan berwarna hitam yg kemudian darahnya dioleskan pada tiang pancang yang diiringi doa ratib togak yg dipercayai sebagai ‎penolak bala dan merupakan tradisi turun temurun daerah pesisir Rokan Hilir.
Pembangunan SPAM Regional Durolis ini direncanakan memiliki kapasitas sebesar 1.600 liter/detik yang terbagi dalam tiga tahap. Tahap I sebesar 400 liter/detik ini akan dimulai pembangunannya pada Tahun Anggaran 2017 dan akan melayani Kabupaten Rokan Hilir tahap pertama (Tanah Putih Tanjung Melawan, Rimba Melintang, Bangko Pusako) Kota Dumai serta Kabupaten Bengkalis (Mandau, Pinggir) dengan masing-masing jumlah sambungan rumah yang akan terbangun di Dumai 15.000 SR, Rokan Hilir 10.000 SR, Bengkalis 15.000 SR. Berbahan baku dari Sungai Rokan yang telah teruji kelayakannya untuk digunakan air minum, Tahap I ini akan menelan biaya kurang lebih Rp. 800 Milliar yang didanai bersama oleh APBN, APBD Provinsi dan APBD Kabupaten/Kota masing masing.
Bupati H Suyatno dalam pidatonya mengusulkan agar nama SPAM (DUROLIS) diubah menjadi RODULIS yg bermakna Rokan Hilir, Dumai dan Bengkalis. Hal ini merupakan saran dari para anggota DPRD Provinsi Riau Dapil Rokan Hilir, DPRD Kabupaten serta para tokoh masyarakat. Hal ini dijawab oleh Direktur Sistem Pengembangan Air Minum Kementerian PUPR Ir Muhammad Sundoro MSc‎ bahwa pembangunan sudah ada dalam program kerja Presiden Jokowi dan telah menjadi Perpres sehingga sulit untuk dirubah.
Pada kesempatan itu juga diteken Memorandum of Understanding (MoU) SPAM Regional antara Gubernur Provinsi Riau, Arsyadjuliandi Rachman dengan Bupati Rokan Hilir, H.Suyatno, Wali Kota Dumai Zulkifli AS, dan Bupati Bengkalis Amril Mukminin S.E dan disaksikan oleh Wagubri H. Wan Thamrin Hasyim, Danrem 031/Wirabima Brigjend TNI Abdul Karim, Danlanal Dumai, serta para anggota DPRD Provinsi Riau daerah pemilihan Kabupaten Rokan Hilir.
Turut hadir kegiatan tersebut Danrem 031/WB yang akan disertijabkan Brigjend TNI Edi Nasution, S.IP menggantikan Brigjend TNI Abdul Karim, Pimpinan DPRD Prov Riau dan Anggota, Mantan Gubernur Riau H. Saleh Djasit, Tokoh Masyarakat Riau Azlaini Agus SH, H Bistamam, Forkopimda Rohil, Pimpinan DPRD Rohil dan anggota, Sekretaris Daerah H. Surya Arfan M.Si,dan Para Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir.

[ Kembali ]
 
Arsip »»
• 10/10/2017 Bupati Lantik Pengurus HIPEMAROHI Pekanbaru.....
• 05/10/2017 Gubri "Irup" Hari Jadi Kabupaten Rokan Hilir ke-18.....
• 03/10/2017 Rohil Masih Kaya Ikan, 477 Peserta Ambil Bagian Dalam Lomba Mancing.....
• 03/10/2017 Wakil Bupati Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila.....
• 25/09/2017 Serahkan 53 SK CPNS untuk Guru Garis Depan, Pemkab Rohil Berharap Mutu Guru Meningkat.....
• 25/09/2017 Pemkab Rohil Gelar Tabligh Akbar.....
• 15/09/2017 Satpol PP Razia Perizinan Hotel.....
• 14/09/2017 Hari Jadi IBI ke-66, Suyatno: Bidan harus siap dipanggil 24 jam.....
• 14/09/2017 Bupati Resmikan Kantor Camat Pasir Limau Kapas.....
• 12/09/2017 Musim Hujan, Daerah Pesisir Mulai Banjir.....
Arsip Lengkap »
 
     
Free backlink [Valid RSS]