Pertanian
Perkebunan
Perikanan
Peternakan
Kehutanan
Pariwisata
Industri & Perdagangan
Pertambangan & Energi
Perbankan & Koperasi
 
Air Bersih
Tenaga Listrik
Transportasi & Komunikasi
Pengairan
Sarana Perhubungan
 
Agama
Pendidikan
Kesehatan
Peradilan dan Kriminalitas
Sosial Lainya
Transmigrasi
Ketenagakerjaan
Perumahan
 
BAGAN SIAPIAPI
Hujan Ringan
Cuaca : Hujan Ringan
Suhu : 23 - 34 °C
Kelembapan : 47 - 98 %
Kecepatan Angin : 16 (km/jam)
Arah Angin : Utara
DPRD Setujui LKPJ APBD Rohil 2016
Rabu, 16 Agustus 2017 | Dituliskan di kategori: Berita | Dibaca 211 kali
Ditulis Oleh : sarwan
Bagansiapiapi - DPRD Rohil, senin (14/8/2017) menyetujui Laporan Keuangan dan Pertanggungjawaban (LKPj) APBD Rohil 2016, yang beberapa waktu lalu disampaikan Wakil Bupati Rohil Drs. Jamiluddin. Persetujuan LKPj APBD Rohil 2016 disahkan pada Rapat Paripurna DPRD Rohil yang dilaksanakan di Ruang Rapat DPRD Rohil Bagansiapiapi.
Rapat Paripurna persetujuan LKPj APBD Rohil 2016 tersebut dipimpin Ketua DPRD Rohil H. Nasrudin Hasan, bersama Wakil Ketua I DPRD Rohil Suyadi SP, Wakil Ketua II Abdul Kosim, dan Wakil Ketua III H. Syafruddin MM. Dihadiri langsung Bupati Rohil H. Suyatno, Sekdakab Rohil H. Surya Arfan, serta sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Rohil.
Bupati Rohil, H.Suyatno menyampaikan apresiasi atas disetujui dan diterimanya, serta pandangan yang disampaikan fraksi-fraksi dan Panitia Kerja (Panja) DPRD Rohil, atas LKPj APBD Rohil 2016, yang sebelumnya telah diperiksa Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI).
“Masukan fraksi-fraksi dan Pansus terhadap LKPj APBD Rohil 2016 tersebut akan menjadi catatan kami, guna penyelenggaraan pemerintahan menjadi lebih baik lagi”. Kata Bupati Rohil H. Suyatno
Persetujuan LKPj APBD Rohil 2016 oleh DPRD Rohil ditandai dengan penandatanganan berita acara oleh Ketua DPRD Rohil, dan serah terima berita acara persetujuan dari Wakil Ketua DPRD Rohil Suyadi kepada Bupati Rohil H. Suyatno, disaksikan Wakil Ketua II Abdul Kosim, Wakil Ketua III H. Syafruddin MM, Sekda H. Surya Arfan, serta Anggota DPRD dan Kepala OPD Pemkab Rohil yang hadir.
Anggota Panja LKPj APBD Rohil 2016 DPRD Rohil, Yunadi SE menyebutkan APBD Rohil 2016 banyak mengalami perubahan drastis. Pendapatan Daerah (PD) Rohil yang semula ditargetkan Rp. 2,01 triliun , terealisasi sekitar Rp. 1,61 triliun atau sekitar 74,74% dari yang ditargetkan. Sedangkan Belanja Daerah ditargetkan Rp. 2,39 triliun, terealisasi Rp. 1,85 triliun, serta Pembiayaan Daerah Rp. 257,194 miliar, yang merupakan sisa lebih perhitungan Tahun Anggaran 2015 terealisasi sebagai Pendapatan Daerah Rp. 256 miliar.
Panja juga menyampaikan rekomendasi umum, diantaranya pengajuan LKPj dilakukan tepat waktu 3 bulan setelah tahun anggaran berakhir, lebih teliti menelaah peraturan perundang-undangan, menggunakan data-data baru dalam menyusun LKPj, dalam menjalankan tugas mesti mengacu pada Visi dan Misi Pemkab Rohil 2016-2021, melakukan pengembangan industri tertentu dalam kawasan khusus. Pemkab Rohil juga diminta melakukan pengawasan terhadap distribusi pupuk. “karena kelangkaan pupuk akan berimbas kepada petani, ditambah lagi banyak pupuk palsu beredar di Rohil”. Jelas Yunadi
OPD Pemkab Rohil diminta meningkatkan PAD dan diharapkan mampu menciptakan terobosan-terobosan baru dengan program kerja yang kreatif dan inovatif serta mengoptimalisasi pelaksanaan perda. “OPD diminta proaktif mengejar peluang memperoleh program pembangunan dari pemerintah pusat dan provinsi”, tuturnya.
Pemkab Rohil juga diminta membuka lapangan dan kesempatan kerja dan harus mendirikan Balai Latihan Kerja (BLK), membuka industri pengalengan nenas, pengalengan rendang kerang, pengalengan remis, dan sentra-sentra produksi yang dapat menyerap tenaga kerja. Tenaga honorer yang profesional dan sesuai dengan kebutuhan daerah. Pemkab diharapkan menertibkan nama jalan agar tidak terjadi nama ganda , serta menetapkan batas-batas darat melalui Perda atau Perbup, mengoptimalkan fungsi perencanaan pembangunan Bappeda sebagai leading sektor hendaknya lebih aktif melakukan koordinasi bersama OPD, dan penempatan ASN sesuai dengan kemampuan.
Sementara rekomendasi umum Panja LKPj APBD Rohil 2016, diantaranya menyampaikan perlu dilakukan peningkatan sarana prasarana sekolah negeri dan swasta, meningkatkan profesionalitas dan mutu guru, pemerataan guru dan tenaga pendidik, peningkatan RSUD dr. RM. Pratomo dan puskesmas, kesejahteraan, kebersihan, pengawasan limbah pabrik kelapa sawit, memberikan peringatan tegas kepada kontraktor agar bekerja sesuai aturan, meningkatkan jalan kecamatan dan desa. air bersih, dan lain sebagainya.
Mengenai rekomendasi umum dan rekomendasi khusus yang disampaikan Panja, Yunadi mengatakan “Kewajiban Panja memberikan masukan dan catatan agar kesalahan serupa tidak terjadi dikemudian hari”, ujar Yunadi.
Wakil Ketua I DPRD Rohil, Suyadi SP mengatakan, LKPj APBD Rohil 2016 yang disetujui dan diterima DPRD Rohil merupakan acuan dalam pembangunan kedepan . “ini juga merupakan catatan strategis untuk menyempurnakan penyelenggaraan pemerintahan Kabupaten Rokan Hilir”. Jelas suyadi

Sumber : Posmetrorohil

[ Kembali ]
 
Arsip »»
• 10/10/2017 Bupati Lantik Pengurus HIPEMAROHI Pekanbaru.....
• 05/10/2017 Gubri "Irup" Hari Jadi Kabupaten Rokan Hilir ke-18.....
• 03/10/2017 Rohil Masih Kaya Ikan, 477 Peserta Ambil Bagian Dalam Lomba Mancing.....
• 03/10/2017 Wakil Bupati Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila.....
• 25/09/2017 Serahkan 53 SK CPNS untuk Guru Garis Depan, Pemkab Rohil Berharap Mutu Guru Meningkat.....
• 25/09/2017 Pemkab Rohil Gelar Tabligh Akbar.....
• 15/09/2017 Satpol PP Razia Perizinan Hotel.....
• 14/09/2017 Hari Jadi IBI ke-66, Suyatno: Bidan harus siap dipanggil 24 jam.....
• 14/09/2017 Bupati Resmikan Kantor Camat Pasir Limau Kapas.....
• 12/09/2017 Musim Hujan, Daerah Pesisir Mulai Banjir.....
Arsip Lengkap »
 
     
Free backlink [Valid RSS]